Tema: Experience with Ayam Dingin Segar

Permintaan ayam yang tinggi menjelang lebaran memicu maraknya penjualan ayam tiren sebagai alternatif ayam murah. Kata ayam tiren terinspirasi dari film Tiren: Mati Kemaren untuk mehyebut daging busuk yang sudah tak layak konsumsi. Peredaran ayam tiren merupakan bukti kurangnya pengawasan dari pemerintah. Namun, peran pemerintah saja tak cukup jika tidak dibarengi dengan peran masyarakat sebagai konsumen. Sayangnya, masyarakat masih belum memahami perbedaan ayam segar dengan ayam tiren sehingga peredaran ayam tiren masih marak. Fenomena ayam tiren (mati kemaren) memang bukan hal yang baru sehingga hal ini bisa diprediksi dan diantisipasi secara efektif. Salah satu cara mengantisipasi secara efektif adalah penyuluhan dan edukasi kepada masyarakat oleh pemerintah.

Oleh karena itulah Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) bekerja sama dengan Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementerian Pertanian mengadakan kampanye dan roadshow untuk mengedukasi masyarakat mengenai cara memilih daging ayam yang baik. Tugas, dan fungsi Kesmavet adalah menjamin keamanan dan kualitas produk-produk peternakan. Kemudian, mencegah terjadinya risiko bahaya akibat penyakit hewan (zoonosis) dalam rangka menjamin kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Kampanye ini merupakan bagian dari program keamanan pangan pemerintah  dengan tujuan memperkuat ketahanan pangan di sektor unggas. Ketahanan pangan sendiri berdampak besar pada perekonomian dan ketahanan nasional.

Sesuai dengan yang tertera pada pasal 27 UUD 1945 dan Deklarasi Roma (1996) bahwa hak untuk memperoleh pangan adalah salah satu hak asasi manusia. Hal itu mendasari terbitnya UU No. 7/1996 tentang Pangan. UU Pangan bukan hanya berbicara tentang ketahanan pangan, namun juga memperjelas dan memperkuat pencapaian ketahanan pangan dengan mewujudkan kedaulatan pangan (food soveregnity) dengan kemandirian pangan (food resilience) serta keamanan pangan (food safety). (dikutip dari Bulog)

Lalu, apa sih sebenarnya Ayam Dingin Segar itu?

Ayam Dingin Segar adalah ayam yang selama pengolahannya selalu dijaga dalam suhu di bawah 4°C yang diolah dalam sistem rantai dingin (cold chain system) agar mampu menekan pertumbuhan bakteri, sehingga segar lebih lama. Pendinginan dan pembekuan akan mengganggu keseimbangan metabolisme karena proses metabolisme akan terus berlangsung hingga hewan tersebut mati dan membusuk.

Ayam Dingin Segar adalah ISTILAH yang digunakan untuk daging ayam yang diproduksi dengan cara pembekuan. Suhu dingin sebesar 0-4°C dipertahankan mulai dari penyembelihan di rumah potong, transportasi, penjajaan, hingga ke tangan konsumen. Pendinginan (refrigerating) dan pembekuan (freezing) merupakan metode pengawetan tertua. Pendinginan adalah penyimpanan di atas titik beku bahan pangan. Sedangkan, pembekuan adalah penyimpanan di bawah titik beku bahan pangan.

Berhubung Ayam Dingin Segar adalah ISTILAH, bukan merek kita bisa membelinya di manapun. Supermarket dan hypermarket sudah banyak yang menjual Ayam Dingin Segar. Ayam Dingin Segar pun bisa dibeli di pasar tradisional selama penjualnya menyimpan daging ayam di chiller alias memenuhi standar sistem rantai dingin. Jadi, Ayam Dingin Segar itu ayam apa saja, bisa ayam organik, ayam kampung, maupun ayam negeri. Mulai sekarang, utamakan membeli produk ayam di tempat yang memiliki fasilitas pendinginan yang memadai dan dikemas dengan sertifikasi pemerintah. Jika produk obat dan makanan kemasan ada label Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), maka daging ayam juga gak ketinggalan. Ayam yang memang sudah halal dari sananya ga perlu berlabel. Kecuali, jika ayamnya diolah dan dikemas. Halal saja tak cukup, tapi juga harus Thoyyib agar layak dikonsumsi. Daging ayam saja tak mejamin baik jika tak memenuhi kaidah sanitasi dan diolah dalam sistem rantai dingin (cold chain system).

Mengapa Ayam Dingin Segar?

Indonesia adalah negara tropis dengan salah satu kekayaan biodiversitas yang tinggi. Bisa dikatakan hampir semua makhluk bisa tumbuh baik di tempat tropis. Sayangnya, kekayaan biodiversitas mempunyai sisi lain. Di negara tropis, bakteri dan patogen mudah tumbuh dan berkembang biak. Ayam Dingin Segar sengaja dibuat untuk menjaga kualitas kesegaran daging ayam dan menghambat pertumbuhan patogen, kuman penyebab penyakit.

Umumnya, orang beranggapan bahwa daging yang baik itu daging yang bersuhu hangat dan dikerubungi lalat. Wah, itu salah kaprah! Kalau ayam yang baik itu yang dikerubungi lalat, bangkai juga dikerubungi lalat. Untuk itu, pemerintah mengadakan kampanye guna mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya pemilihan daging ayam yang baik demi kesehatan dan kesejahteraan bangsa.

Wuih, lebay banget ya. Memilih daging ayam aja dampaknya sampe ke kesejahteraan bangsa.

Serius!

Kesehatan dan kesejahteraan dimulai dari apa yang kita makan. Nutrisi tubuh merupakan pra-syarat kesehatan yang pada akhirnya berpengaruh pada kecerdasan. Sadar akan kesehatan dimulai dari memilih bahan pangan yang baik. Dengan tubuh yang sehat dan kuat, bangsa Indonesia akan menjadi lebih produktif dan siap bersaing.

Terus kenapa kita gak makan ikan aja? Kenapa mesti ada asupan daging ayam dalam tubuh kita?

  • Budaya pangan

Berbicara masalah pangan, sama saja berbicara mengenai kebudayaan. Pola dan kebiasaan makan di suatu daerah di Indonesia bervariasi. Variasi itu tergantung dari faktor-faktor seperti keadaan ekonomi, taraf pendidikan, letak geografi, kepercayaan agama, adat istiadat, dan tingkat teknologi. Terutama tingkat teknologi yang berbeda, ini menjadi alasan utama mengapa rantai pengolahan produk unggas belum merata, baik standar keamanannya, maupun kebersihannya.

  • Nutrisi daging ayam

Dibandingkan dengan daging sapi, kambing, dan domba, daging ayam mengandung kalsium dan fosfor yang lebih tinggi. Kalsium dan fosfor adalah dua mineral yang berguna untuk kesehatan gigi, tulang, ginjal, hati, dan fungsi syaraf pusat.

  • Lingkungan

Ini mengenai habitat ayam yang memang banyak dan mungkin untuk hidup di Indonesia. Selain pembudidayaannya yang mudah dan cepat panen, masakan olahan ayam pasti ditemui di seluruh kuliner khas Nusantara.

Bagaimana memilih ayam yang berkualitas? Pastinya Ayam Dingin Segar! Yang Dingin dan Segar hehe 🙂

Karakteristik Ayam Dingin Segar vs Ayam Tiren

Ayam yang tidak disembelih adalah bangkai. Begitu pula dengan ayam tiren. Meski disembelih dahulu baru mati tetap saja bangkai dan berpenyakit. Untuk itulah perlu adanya edukasi untuk masyarakat bagaimana cara membedakan ayam segar dan ayam tiren. Ayam tiren pasti menggunakan formalin agar tampak segar dan tidak pucat. Namun, bukan berarti ayam segar dan ayam tiren tidak bisa dibedakan. Seperti apa ciri daging Ayam Dingin Segar?

  • Daging ayam segar berwarna putih krem kemerahan; daging ayam tiren berwarna kuning kehijauan.
  • Kulit daging ayam segar tidak kering dan tidak berlendir. Kulit kering merupakan ciri kulit ayam yang diberi formalin. Berlendir adalah ciri ayam busuk.
  • Tekstur daging ayam segar kenyal dan tidak berkerut jika ditekan (akan kembali seperti semula). *Anti-kerut* dan *Anti-bocor* hehehe
    Kebalikan dengan Ayam Dingin Segar, ayam tiren yang berformalin bertekstur kencang.
  • Daging Ayam Dingin Segar tidak memar dan kulitnya mulus seperti ayam hidup. Memar (ada bercak darah) adalah ciri ayam tiren dan kulitnya licin karena berformalin.
  • Daging ayam segar baunya harum seperti kaldu ayam. Ayam tiren? Tau sendirilah 😉
  • Permukaan daging Ayam Dingin Segar tampak mengkilat dan agak lembab. Namun, jika masih lembab dan lengket setelah dicuci dengan air sudah pasti ayam itu telah busuk.

Mengapa harus Ayam Dingin Segar? Ayam Dingin Segar terjaga kesegaran dan kandungan gizinya. Ayam yang tidak segar tentu sudah membawa patogen dan kualitas dagingnya buruk. Sekalipun dagingnya awet, pasti sudah diberi formalin yang dapat menyebabkan kerusakan organ tubuh. Formalin (formaldehida) diubah menjadi asam format yang dapat menyebabkan darah menjadi asam dan melemahkan kekebalan tubuh.

Belilah Ayam Dingin Segar sesuai kebutuhan. Segera eksekusi daging tersebut sebelum kadaluarsa agar kualitas dan kesegarannya terjaga. Lebih jelas tentang Ayam Dingin Segar, yuk simak apa kata chef ganteng Edwin Lau!

Tips agar ayam tetap segar, dingin, awet, dan berkualitas

  • Waktu belanja

Belilah daging Ayam Dingin Segar di akhir waktu belanja saat hendak pulang.

  • Suhu penyimpanan

Masukkan pada freezer kulkas dengan suhu sekitar 4°C  hingga -16°C. Pada suhu 4-60°C bakteri tumbuh tak terkendali.

rottenfoodcookbook.com.au

  • Wadah penyimpanan

Pastikan daging Ayam Dingin Segar disimpan dalam wadah yang kuat, aman, dan tidak mudah bocor. Jangan diletakkan di jok mobil meski sudah disimpan di tas penahan suhu (thermal bag/cooler bag/insulated bag).

www.hce-uk.com

  • Waktu eksekusi

Segera olah daging Ayam Dingin Segar paling lambat 2-3 hari sejak pembelian.

  • Pengemasan

Kemaslah daging Ayam Dingin Segar sesuai kebutuhan sebelum menyimpan di freezer agar mudah mengambil sesuai porsi memasak. Daging Ayam Dingin Segar yang dikemas dengan baik dapat bertahan di dalam freezer bahkan hingga satu tahun.

Bagaimana jika ingin menyembelih ayam sendiri? Tetap lakukan sistem dingin berantai. Keluarga saya pernah menyembelih ayam sendiri, merendamnya dengan air panas supaya mudah dicabut bulunya, dan memotongnya. Pengalaman saya waktu itu, saya sempat rendam air panas tapi gak sempet cabutin bulu dan besoknya sudah busuk. Daging putih (unggas dan kelinci) by nature memang lebih cepat busuk dibanding daging merah (kambing, sapi, kerbau).

Daging putih
http://al-zoyaoverseas.com

Usmiati (2010) dalam Setiawan (2011) menyebutkan daging merah memiliki serat yang sempit, kaya pigmen daging (mioglobin), mitokondria dan enzim respirasi berhubungan dengan tingginya aktivitas otot, serta kandungan glikogen yang rendah.

Daging merah
http://www.foxnews.com

Kebalikannya, daging putih merupakan daging yang berserat lebih besar dan lebar, sedikit mioglobin, mitokondria dan enzim respirasi berhubungan dengan aktivitas otot yang singkat/cepat serta kandungan glikogen yang tinggi. Daging putih mempunyai kadar protein dan air yang lebih tinggi dibanding daging merah namun daging merah memiliki kadar lemak jenuh dan kolesterol lebih tinggi dibanding daging putih.

KANDUNGAN GIZI DAGING PUTIH VS DAGING MERAH
Daging Putih Daging Merah
Serat besar dan lebar Serat sempit
Sedikit mioglobin Kaya pigmen merah (mioglobin)
Glikogen tinggi Glikogen rendah
Protein tinggi Protein rendah
Lemak jenuh dan kolesterol rendah Lemak jenuh dan kolesterol tinggi
Mitokondria dan enzim respirasi berhubungan dg rendahnya aktivitas otot Mitokondria dan enzim respirasi berhubungan dg tingginya aktivitas otot

Sumber: https://setiaoneputras.wordpress.com/2011/06/27/mengapa-daging-putih-unggas-babi-kelinci-lebih-mudah-busuk-daripada-daging-merah-sapi-kerbau-kambing/

Ayam memang makanan para atlit karena kandungan protein yang tinggi guna pembentukan otot. Nutrisi daging putih seperti protein memang lebih banyak dibanding daging merah sehingga daging putih lebih cepat busuk, terutama pembusukan yang disebabkan oleh bakteri. Selain itu, aktivitas otot yang singkat juga mempercepat proses pembusukan daging putih. Setelah ayam disembelih, terjadi proses fisikokimia yaitu perubahan energi fisik menjadi energi kimia yang mengonversi otot menjadi daging. Selanjutnya daging mengalami kekakuan dan pembusukan seiring dengan peningkatan pH (Setiawan, 2011). Bila pH meningkat, daging akan membusuk dan mengubah bau, warna, dan susunan komposisinya.

Untuk lebih jelas mengenai nutrisi daging ayam, yuk simak tabel berikut:

The Nutritional Value of Chicken

(Both raw and cooked figures are based on a portion size of 3-1/2 oz.)

  Values for cooked (roasted) product
  Values for cooked (roasted) product
Nutrient Skinless, boneless breast Skin-on, bone-in breast Drumstick, skinless Drumstick, skin-on Thigh, skinless Thigh, skin-on Wing, skin-on Wing, without skin Whole Chicken, meat only Whole Chicken, meat and skin
Calories 165 197 175 216 209 229 290 203 167 239
Protein (grams) 31 30 28 27 26 25 27 30 25 24
Total fat (grams) 3.6 7.8 5.7 11.2 10.9 15.5 19.5 8.1 6.6 13.4
Saturated fat (grams) 1 2.2 1.5 3 3 4.3 5.4 2.3 1.8 3.7
Monounsaturated fat (grams) 1.2 3 1.9 4.2 4.1 6.1 7.6 2.6 2.5 5.4
Polyunsaturated fat (grams) 0.7 1.7 1.4 2.5 2.5 3.4 4.1 1.8 1.5 2.9
Cholesterol (milligrams) 85 84 93 91 95 93 84 85 75 76
Sodium (milligrams) 74 71 95 90 88 84 82 92 75 73
Iron (milligrams) 1 1 1.3 1.3 1.3 1.3 1.3 1.2 1.2 1.3
                     
  Values for raw (uncooked) product
Nutrient Skinless, boneless breast Skin-on, bone-in breast Drumstick, skinless Drumstick, skin-on Thigh, skinless Thigh, skin-on Wing, skin-on Wing, without skin Whole Chicken, meat only Whole Chicken, meat and skin
Calories 114 172 119 161 119 211 222 126 119 215
Protein (grams) 21.2 20.8 20.6 19.3 19.7 17.3 18.3 22 21.4 18.7
Total fat (grams) 2.6 9.3 3.4 8.7 3.9 15.3 16 3.5 3.1 15.1
Saturated fat (grams) 0.6 2.7 0.9 2.4 1 4.3 4.5 0.9 0.8 4.3
Monounsaturated fat (grams) 0.8 3.8 1.1 3.4 1.2 6.3 6.4 0.8 0.9 6.2
Polyunsaturated fat (grams) 0.4 2 0.8 1.9 1 3.3 3.4 0.8 0.8 3.2
Cholesterol (milligrams) 64 64 77 81 83 84 77 57 70 75
Sodium (milligrams) 116 63 88 83 86 76 73 81 77 75
Iron (milligrams) 0.4 0.7 1 1 1 1 0.9 0.9 0.9 0.9
                     
SOURCE: USDA National Nutrient Database for Standard Reference (http://www.nal.usda.gov/fnic/foodcomp/search/)

Sumber: http://www.nationalchickencouncil.org/chicken-the-preferred-protein-for-your-health-and-budget/the-nutritional-value-of-chicken/

Kenggulan Ayam Dingin Segar

Mengapa kita harus memilih Ayam Dingin Segar? Biar ada motivasi untuk beralih ke gaya hidup sehat, yuk kenali keunggulannya.

SEGAR

Daging Ayam Dingin Segar selalu berada pada kondisi dingin sejak di rumah potong ayam, proses transportasi, dan penjajaan hingga ke tangan konsumen. Daging Ayam Dingin Segar akan tetap segar jika disimpan pada suhu 4°C dan akan awet lebih lama jika disimpan di bawah -18°C. Bukan hanya segar saja yang didapat, juga cita rasa yang enak. Jika sudah begini, daging ayam hangat jelas tak kalah nikmatnya.

PRAKTIS

Gaya hidup yang menuntut serba cepat mempengaruhi pola konsumsi dan penggunaan waktu. Ayam Dingin Segar sangat praktis untuk memenuhi kebutuhan dapur keluarga karena awet dan dapat diolah sesuai kebutuhan tanpa mengurangi kesegarannya. Selain praktis, keunggulan turunannya adalah hemat. Karena praktis kita jadi bisa menghemat waktu dan uang tepat pada saat yang menguntungkan. Di samping itu, harga Ayam Dingin Segar mampu bersaing dengan ayam hangat di pasar.

SERBAGUNA

Ayam Dingin Segar yang disimpan di bawah suhu ruang tentu lebih awet dan karenanya lebih segar. Inilah yang membuat Ayam Dingin Segar serbaguna karena dapat diolah kapanpun dan sesuai dengan kebutuhan. Pastinya kualitasnya dan kandungan gizi terjaga. Bukankah tujuan mengonsumsi ayam adalah memenuhi asupan protein hewani?

Kaidah sanitasi untuk  Ayam Dingin Segar yang berkualitas

Proses pembersihan daging ayam yang salah dapat menularka bakteri ke bahan makanan lain melalui udara, orang yang menangani, dan benda lain di sekitar.

Loh, bukankah tidak ada tempat yang 100% steril di muka bumi ini? Benar!

Bahkan, di kawah yang panas pun ada bakteri yang bisa hidup. Bakteri tersebut dikenal sebagai bakteri termofili. Namun, bakteri di daerah tropis dapat membeku pada suhu -4°C. Bakteri memang tidak mati 100%, tetapi non-aktif karena tidak ada aktivitas biokimia dan bakteri tidak bisa membelah diri. Selama penanganannya baik dan mengikuti kaidah sanitasi, bakteri itu tidak akan bertambah jumlahnya.

https://lkyspp.nus.edu.sg

  • Segera cuci tangan setelah menangani daging ayam dengan sabun dan air hangat. Jika tidak ada sabun, bisa gunakan antiseptik berbasis alkohol sebagai pembersih.
  • Siapkan wadah dan talenan khusus untuk mengolah ayam.
  • Bersihkan peralatan dapur sebelum dan sesudah mengolah ayam. Gunakan sanitizer dapur untuk memastikan kebersihannya.

Pemutih sebagai sanitizer
http://www.housecleaningcentral.com/en/cleaning-tips/kitchen/kitchen-cleaning-tips.html

  • Gunakan handuk untuk membersihkan peralatan dapur karena mudah kering dan mudah dibersihkan. Hindari penggunaan spons yang memang mudah menjadi sarang bakteri.

Termasuk kebersihan tangan sebelum mengeksekusi Ayam Dingin Segar. Tangan kita yang bersuhu hangat jelas mengandung bakteri yang lebih banyak daripada daging ayam beku. Oleh karena itu, ada kaidah sendiri dalam mencairkan daging ayam. Apa saja caranya?

  • Mencairkan di dalam kulkas (thawing)
    • Jangan cairkan daging ayam beku pada suhu kamar karena membuka peluang bakeri untuk mengontaminasi.
    • Letakkan daging dalam wadah agar tak ada cairan yang bocor.
    • Letakkan wadah pencairan daging ayam di bagian bawah kulkas agar tak mengontaminasi makanan lain.
    • Waktu pencairan daging ayam beku adalah 24 jam untuk @2,5 kg daging ayam beku. Masak segera setelah dicairkan.
    • Jika gak jadi dimasak, bisa dibekukan lagi dengan catatan daging masih dingin dan masih ada kristal es.

https://www.leaf.tv/articles/how-to-defrost-chicken-breasts/

  • Mencairkan di dalam air dingin

Ingin mencairkan dengan air keran? Bisa saja. Daging ayam beku bisa dibasuh dengan air yang mengalir atau direndam dengan air dingin. Jika ingin dibasuh dengan air mengalir, pastikan wastafel bersih dan daging ayam harus dibungkus plastik agar tidak mengontaminasi karena kebocoran. Cara yang sama bisa dilakukan dengan merendam dengan air dingin. Letakkan dada ayam di bagian bawah dan ganti air dingin tiap 30 menit sekali untuk menghindari kontaminasi karena suhu hangat.

https://www.leaf.tv/articles/how-to-defrost-chicken-breasts/

  • Mencairkan di dalam microwave

Buat yang punya microwave, cara ini agak ribet, tapi paling akurat. Pisahkan jeroan dari daging untuk dimasak baik dalam oven maupun di atas kompor. Tidak disarankan untuk ayam utuh atau ayam dalam jumlah banyak. Gunakan termometer untuk memastikan suhu ayam tetap berada di zona aman dari pertumbuhan bakteri.

http://www.packlunchraw.com

Teliti sebelum membeli: tips belanja daging ayam

  • Belilah daging di akhir belanja agar ayam tidak terlalu lama berada di suhu hangat dan lembab.
  • Cek tanggal kadaluarsa ayam.
  • Jangan terima jika kemasan bocor/sobek.

  • Bawa plastik terpisah khusus untuk daging ayam dan letakkan di tempat paling bawah kantong belanja agar tak terkontaminasi dengan barang lain.
  • Jauhkan daging ayam dari jangkauan anak-anak.
  • Jangan gunakan kantong belanja daging ayam untuk belanja barang lain.
  • Gunakan kantong belanja yang bisa dicuci khusus untuk belanja daging ayam.

Memasak Ayam Dingin Segar: Memasak sehat dan nikmat

Jika memilih daging Ayam Dingin Segar bisa menggunakan ukuran warna, tidak demikian dengan memasak daging Ayam Dingin Segar. Lalu, bagaimana cara memasak Ayam Dingin Segar?

  • Masak daging ayam dengan kematangan sempurna. Daging mentah atau setengah matang membawa bakteri Salmonella sp. yang membawa penyakit seperti diare, demam, dan penyakit yang berkaitan dengan pencernaan.
  • Slow cooker memang lebih asyik buat memasak karena daging yang alot bisa menjadi empuk. Menggunakan slow cooker adalah cara yang nyaman, mudah, dan murah agar makanan terasa lezat. Apalagi untuk wanita karier yang super sibuk, memasak dengan slow cooker adalah cara ideal untuk masak di pagi hari ketika longgar dan siap disantap di malam hari. Hanya sekali sentuh, proses memasak bisa disambi melakukan aktivitas lain tanpa takut kurang air atau gosong. Fleksibel, kan?

www.trenzet.com

Pastikan daging ayam mendapat suhu panas yang tepat terutama di bagian daging yang tebal seperti dada dan paha (82° C) dan daging ayam potong (74° C). Jadi, untuk akurasinya gunakan termometer. Slow cooker yang digunakan untuk ayam utuh sebaiknya berbentuk oval, bukan lingkaran. Yang pasti, semua proses memasak harus dilakukan dalam kondisi higienis. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan aja, Ladies!

Peran masyarakat sebagai konsumen dan warga negara

Beralih ke daging Ayam Dingin Segar adalah wujud kita sebagai masyarakat yang peduli kesehatan dan sadar gizi. Mengonsumsi daging Ayam Dingin Segar merupakan cara paling enak berkontribusi pada negara demi terwujudnya ketahanan pangan. Pedagang lokal yang melanggar aturan regulasi dalam sistem peternakan, pemotongan, distribusi, dan penyimpanan unggas dari pemerintah dan masih menjual produk ayam yang tak layak konsumsi akan merajalela jika konsumen tidak bijak belanja ayam. JIka konsumen bijak membeli, permintaan akan turun dan pedagang nakal tersebut akan insyaf dengan sendirinya.

Yuk, jadi konsumen dan waga negara yang cerdas. Pilih daging Ayam Dingin Segar demi keluarga, bangsa, dan negara. Kesegaran alam memang tiada bandingnya 😉 😉

Program ini didukung oleh:

      

Kunjungi juga media sosial berikut untuk mengenal lebih dalam Ayam Dingin Segar:

 

Referensi:

https://ayamdinginsegar.com/apa-itu-ayam-dingin-segar/

https://threeyearsonmars.com/2012/08/06/to-market-to-market-to-buy-a-meat-product/

https://ayamdinginsegar.com/tips/memilih-daging-ayam-2/

https://ayamdinginsegar.com/tips/membersihkan-daging-ayam/

https://ayamdinginsegar.com/tips/memilih-daging-ayam/

https://ayamdinginsegar.com/tips/thawing-mencairkan-daging-ayam-beku/

https://ayamdinginsegar.com/tips/mencairkan-daging-ayam-menggunakan-air/

https://setiaoneputras.wordpress.com/2011/06/27/mengapa-daging-putih-unggas-babi-kelinci-lebih-mudah-busuk-daripada-daging-merah-sapi-kerbau-kambing/

https://ayamdinginsegar.com/tips/mencairkan-daging-ayam-menggunakan-microwave/

https://ayamdinginsegar.com/tips/memasak-daging-ayam-dingin-segar/