Kami berikhtiar supaya kami teguh sungguh, sehingga kami sanggup diri sendiri. Menolong diri sendiri. Dan siapa yang dapat menolong dirinya sendiri, akan dapat menolong orang lain dengan lebih sempurna pula. – Surat R.A. Kartini kepada Ny. Abendanon. 12 Desember 1902

Pertanyaan “kapan kawin?” adalah basa-basi klasik, yang pastinya jawabannya klasik juga “Doain aja semoga jodohnya dekat.” Itu pun syukur kalau yang nanya gak maksa. Ada yang bertanya dengan cara yang memojokkan seolah aku punya hutang sambil menawarkan mencarikan jodoh.

Ketika aku ditanya, “Kapan kawin? Mau tunggu apa lagi? Apa sih yang kamu cari dalam hidup?”

Sejujurnya, aku tidak bisa menjawab. Meski teman-teman aku banyak yang sudah menikah, bahkan sudah punya anak dua, aku tetap tidak merasa merasa kesepian atau butuh perhatian dari lawan jenis. Itu karena aku punya prinsip, dan pastinya visi dan misi ke depan. Aku hanya berpikir bagaimana aku bisa menata masa depan sehingga bisa mandiri tanpa merepotkan orang lain. Dengan mempersiapkan diri, akan lahir generasi berkualitas dan berguna bagi negara. Nilai pernikahan lebih besar dari sekadar hidup berpasangan dan memiliki anak. Mumpung masih lajang, aku mempersiapkan diri agar mapan emosional dan finansial. Cinta saja tak cukup untuk membuat sebuah hubungan berhasil. Tentunya aku akan memilih pasangan yang sevisi dan semisi, selain kemandirian dan kedewasaan. Sangat irasional jika bertahan pada hubungan yang jelas tidak bisa dibawa ke manapun. Bukankah pernikahan untuk membangun masa depan bersama?

“BERKARIER ATAU JADI IRT?”

Entah berkarier atau menjadi ibu rumah tangga, seorang wanita wajib berpendidikan tinggi karena mereka akan menjadi seorang ibu. Ibu-ibu yang cerdas akan melahirkan anak-anak yang cerdas. – Dian Sastrowardoyo

Sejak bergulirnya emansipasi yang dipelopori oleh R.A. Kartini, terlebih saat ini peran perempuan semakin dibutuhkan agar bonus demografi tak jadi zonk demografi. Bonus demografi diharapkan mampu mendongkrak perekonomian nasional. Momentum ini hanya sekali untuk sebuah bangsa. Aku tak mau menyia-nyiakan momentum emas ini. Apa yang ingin aku capai dalam hidup? Pastinya sesuai dengan panggilan hati.

https://pixabay.com/en/books-read-garden-sun-brews-apple-1757734/

Sebagai lulusan sarjana sastra Inggris, aku ingin menulis buku bahasa Inggris yang bagus dan mudah dicerna. Banyak orang yang menganggap bahasa Inggris sulit, padahal dari beberapa bahasa yang pernah kupelajari, bahasa Inggrislah yang termudah. Sayangnya, proyek penulisan buku aku ini belum juga terwujud karena banyaknya buku referensi yang belum tuntas dan riset yang harus aku lakukan demi buku yang tak asal jadi.

http://www.eastjava.com/tourism/lamongan/ina/marine-tourism.html

Tak hanya menulis buku demi pengembangan ilmu pengetahuan, aku pun ingin membangun bisnis online. Kata mentorku, aku berbakat jadi pengusaha. “Yah, coba dulu aja dengan berbisnis online di bidang perbukuan. Modal kecil dan gak harus punya toko fisik. Itung-itung cari pengalaman dan biar punya uang jajan tambahan,” begitu kata beliau. Di samping membuka toko online, aku pun berencana membangun usaha travel dengan domain yuk-travelling.com. Usaha jualan paket tour aja dulu sembari mengikuti pelatihan bisnis travel yang biasa diadakan oleh Pak Cheriatna, pendiri cheria-travel.com. Bisnis jualan paket tour mudah, modalnya kecil, bisa jadi usaha sambilan yang menguntungkan. Awalnya kemitraan dulu, harapannya jika sudah paham pasar ya bikin brand sendiri. Ini sesuai dengan potensi pariwisata di Indonesia yang menjanjikan dan potensi daerah tempat tinggalku yang mengandalkan pariwisata sebagai Penghasilan Asli Daerah (PAD). Cucok!

Kemandirian membuat perempuan berdaya. Bekerja bukan sekadar mencari uang, tetapi lebih pada kontribusi kepada bangsa dan aktualisasi diri. Sosok Sri Mulyani Indrawati merupakan teladan bahwa perempuan juga mempunyai peran bagi negara. Aku setuju banget dengan pemikiran Dian Sastrowardoyo. Baik ibu rumah tangga full time maupun ibu bekerja di luar rumah sama-sama memikul tanggung jawab besar, yakni menjadi sekolah pertama bagi generasi muda bangsa. Peran perempuan begitu besar karena perempuan membawa peradaban. Dengan demikian, perempuan harus berpendidikan. Inilah esensi dari emansipasi yang memberikan perempuan kesetaraan dalam pendidikan dan mendapat kesempatan yang sama dengan laki-laki untuk berkarya dan mengaktualisasikan diri. Berpendidikan tinggi-tinggi cuma jadi IRT? Sayang banget dong sama ijazahnya. Tidak! Perempuan adalah tiang negara. Maju mundurnya perempuan terletak pada majunya pendidikan perempuan. Keluarga adalah unit terkecil sebagai pondasi utama bangsa. Toh, wanita karier pun akhirnya akan menjadi istri dan ibu. Oleh karena itu, perempuan harus berpendidikan di manapun ia berkiprah.

Beauty attitude yang membuat wanita cantik karena kecantikan tidak dalam satu sisi. Tidak hanya fisik yang dilihat, lebih cantik kalau punya attitude, lebih kena di hati. Lebih ada andil positifnya. – Dian Sastrowardoyo

Betul sekali. Tiap perempuan menyandang gelar cantik sejak lahir karena ia perempuan. Namun, kecantikannya akan lebih terpancar jika ia punya sikap (attitude). Seringkali kita terlalu peduli dengan orang lain, hingga lupa dengan diri sendiri. Sikap utama adalah peduli dengan diri sendiri. Semua potensi dan peranku itu tak akan maksimal jika aku lupa memedulikan diri sendiri. Bagaimana kita bisa memaksimalkan peran untuk orang lain dan lingkungan jika kita belum mampu mengurus diri? Tentunya itu semua berdampak pada peran perempuan sebagai tiang negara.

Seringkali perempuan abai terhadap dirinya bukan karena terlalu sibuk, melainkan lebih karena belum mengenal tubuhnya. Sayang sekali, masih banyak perempuan yang seks sebagai hal yang tabu dan sensitif. Justru karena sensitif itulah pendidikan seks harus mendapat proporsi yang cukup. Terbukti dari data www.askepkeperawatan.com, kanker serviks adalah pembunuh nomor satu wanita di dunia. Di sinilah urgensi pendidikan seks agar perempuan tahu bagaimana cara merawat organ kewanitaan dan bagaimana melakukan aktivitas seksual dengan sehat.

Teman saya yang juga seorang feminist melakukan polling melalui media sosial. Seberapa jauh wanita mengenal organ kewanitaannya? Ternyata, jawabannya cukup mengejutkan. Namun, jika melihat fakta bahwa kanker serviks adalah pembunuh nomor satu perempuan di dunia, hasil polling ini bukan hal yang mengejutkan.

Berdasarkan polling tersebut, ternyata masih banyak perempuan yang belum tahu apa itu vagina. Di mana letaknya? Dengan apa perempuan berkemih? Jika pemahaman dasar ini minim, peran perempuan sebagai sekolah pertama bagi anak-anaknya tak bisa diharapkan. Karena tanggung jawab utama untuk memberikan pendidikan seks adalah orangtua.

Tak hanya kanker serviks, perempuan pun terancam terkena Infeksi Saluran Kemih (ISK) yang berdampak pada kerusakan ginjal. Salah satu gejala ISK adalah anyang-anyangan yang disebabkan oleh bakteri Eschericia coli yang berasal dari anus. Satu hal yang tidak diketahui oleh sebagian perempuan adalah urin keluar bukan dari vagina melainkan dari urethra (urethral opening) yang terletak diantara klitoris dan vagina. Itulah sebabnya ISK lebih rentan terjadi pada perempuan daripada laki-laki karena jarak urethra dengan anus pada tubuh wanita lebih dekat daripada pria.

Kebersihan pangkal kesehatan. Masalah kesehatan dan penyakit seringkali datang dari buruknya kebersihan dan sanitasi. Peran kita sebagai perempuan bisa diandalkan dengan menjaga kesehatan organ kewanitaan. Jangan sampai aktivitas kita terganggu hanya karena masalah kebesihan daerah kewanitaan. Tentunya kita hanya bisa menolong orang lain jika bisa menolong dirinya sendiri.

Perempuan harus peduli dengan kewanitaannya bukan karena ia sudah menikah dan punya anak, melainkan karena ia perempuan. Memang jika sudah menikah, kebersihan kewanitaan dan kebersihan organ pasangan harus lebih ekstra dijaga. Abai dalam menjaga kebersihan organ kewanitaan dapat memicu berbagai penyakit kelamin seperti bacterial vaginosis, trichomoniasis, candidiasis yang jika dibiarkan akan mempengaruhi kesuburan. Penyakit kanker serviks adalah salah satu contohnya. Kanker serviks hanya ditemui pada orang yang pernah berhubungan seksual. Sayangnya, gejala hanya muncul jika kanker sudah mencapai stadium 4 yang mana peluang penyembuhan hanya 20%.

www.askepkeperawatan.com

 

Bagaimana caraku menjaga kesehatan organ kewanitaan agar bisa #JadiYangKuMau?

https://www.facebook.com/priveuricran

Tolok ukur kesehatan organ kewanitaan adalah pH yang normal. pH normal organ kewanitaan sekitar 3,5-4. Jika pH organ kewanitaan tidak seimbang, jamur dan bakteri mudah berkembang biak. Jika pH vagina terjaga, masalah pada vagina pun menjauh. Keputihan adalah mekanisme pembersihan alami yang dilakukan oleh vagina dengan mengeluarkan cairan. Keputihan yang normal berwarna bening, bertekstur cair, kental, tidak gatal, dan tidak berbau busuk. Keputihan yang tidak normal bisa jadi menandakan infeksi seksual yang menular seperti trichomoniasis atau bacterial vaginosis. Apa yang membuat pH organ kewanitaan tidak seimbang dan bagaimana cara membuat organ kewanitaan tetap sehat?

  • Yogurt dan Buah-buahan

https://www.pexels.com/photo/chopping-board-cup-dessert-eating-healthy-407110/

Perbanyak makanan organik, seperti yogurt dan buah-buahan yang mengandung vitamin dan antioksidan. Yogurt adalah minuman prebiotik yang mengandung probiotik (bakteri baik) yang baik untuk pencernaan dan melawan bakteri jahat di area kewanitaan. Vitamin A ini bisa membantu kelancaran pembuangan urin dan menjaga produksi hormon perempuan agar tetap stabil dan sehat. Makanan yang kaya akan vitamin C dan D berguna meningkatkan kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh yang kuat akan menghalau bakteri terutama Eschericia coli untuk menginfeksi organ kewanitaan. Kelembabannya akan menjadi normal sehingga daerah kewanitaanmu tidak ditumbuhi jamur. 

 

  • Bawang Putih

http://www.bawangputih.org/

Bawang putih mengandung antibakteri, antijamur, dan mengandung antioksidan yang mampu membunuh jamur dan bakteri jahat pada vagina. Cukup dimakan mentah, atau dicampur dengan madu untuk melezatkan rasa.

  • Air Putih

www.topnews.in

Perbanyak minum air putih. Kurangi minum minuman berkarbonasi karena buruk untuk kesehatan ginjal dan kandung kemih. Konsumsi air yang cukup agar kelembaban dan produksi mukus pada vagina terjaga. Air mineral juga akan menjaga suhu di daerah kewanitaan tetap stabil sehingga organ kewanitaan tidak berbau.

Untuk mengetahui apakah tubuh sudah terhidrasi dengan baik bisa dilihat melalui warna, bau, dan tekstur urin. Warna urin yang kuat, tekstur yang pekat, dan bau yang menusuk merupakan tanda-tanda dehidrasi. Ini disebabkan limbah nitrogen yang terbuang bersama urin membuatnya berwarna kuning, pekat, dan berbau menyengat.

http://arzha138.blogspot.co.id/2017/02/pada-saat-dilakukan-pemeriksaan-di.html

  • Olahraga

http://www.cancernetwork.com/articles/exercise-and-cancer

Moving is the best medicine. Adagium itu sudah tak perlu diragukan lagi kebenarannya. Olahraga dan latihan fisik memang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan olahraga, jantung mampu memompa darah lebih banyak, paru-paru mampu menyerap oksigen untuk diedarkan ke tubuh, otot semakin kuat karena dilatih terus menerus, dan sel tubuh pun bekerja lebih baik melawan patogen yang bisa menyebabkan penyakit.

  • Tidur

https://www.facebook.com/priveuricran

Emosi dan pikiran berpengaruh banget terhadap kualitas tidur. Fungsi tidur untuk detoksifikasi dan meredakan stres. Bagaimana caranya tidur nyenyak? Jangan bawa pekerjaan ke tempat tidur. Kuncinya: manajemen diri dan manajemen waktu. Kemampuan mengelola diri dan waktu membutuhkan prioritas, fokus, dan goal setting yang rasional. Jangan sampai pekerjaan tak tuntas tepat waktu. Kelelahan seringkali berujung stres dan galau. Dampaknya bisa mempengaruhi mood, kesehatan, dan hubungan dengan orang di sekitar. Seperti kata Francis of Assisi: “Start by doing what’s necessary, then do what possible, and suddenly you are doing the impossible.”

  • Kebersihan

https://www.facebook.com/priveuricran

Mandilah dengan air mengalir alias pake shower. Air mengalir akan meluruhkan bakteri dan jelas lebih higienis daripada air yang terbuka di bak. Pakai air yang hangat dan jangan berendam terlalu lama juga. Air panas dan berendam terlalu lama menyebabkan vagina kering dan perubahan pH.

  • Pakaian dalam

https://www.facebook.com/priveuricran

Gunakan celana dalam yang terbuat dari katun agar bisa menyerap keringat. Hindari celana yang ketat karena membuat area Miss V lembab akibat kurang sirkulasi udara. Hindari juga penggunaan pantyliner terlalu sering. Ini akan menghambat sirkulasi udara dan merusak pH alami vagina. Bila sedang haid, ganti pembalut tiap kali terasa basah dan lembab.

  • Pembersih Kewanitaan

Masa nifas dan haid membuat pH organ kewanitaan menjadi tinggi (basa) dan Lactacyd bisa membuat pH organ kewanitaan kembali normal. Sering pipis juga bisa membuat pH organ kewanitaan tidak seimbang. Untuk itu, biasakan menggunakan pembersih kewanitaan setelah buang air kecil (BAK). Pastikan pembersih kewanitaanmu mengandung susu karena baik untuk bakteri Lactobacillus sp. yang menjaga keseimbangan pH kewanitaan agar bisa digunakan setiap hari. Jika ekosistem organ kewanitaan baik, bakteri jahat akan menyingkir dengan sendirinya.

  • Toilet

https://www.facebook.com/priveuricran

Toilet umum seringkali bau dan kurang higienis karena terkontaminasi bakteri E. coli. Sebelum menggunakan toilet, bersihkan dudukan toilet dengan tisu. Gunakan air mengalir untuk membersihkan organ kewanitaan dan usahakan organ intim kering tiap usai BAK dan BAB. Bakteri ini biasa ditemukan di usus besar manusia. Untuk itu, bersihkan organ intim dari depan ke belakang agar bakteri ini tidak masuk ke vagina dan saluran kemih.

Escherichia coli
https://www.cdc.gov/ecoli/

Menahan pipis karena toilet kotor bukan alasan. Urin yang ditahan seharusnya dikeluarkan akan naik ke saluran kemih dan bakterinya otomatis ikut terbawa. Sel bakteri E.coli akan menempelkan rambutnya ke dinding saluran kemih. Terjadilah ISK dan menyebabkan anyang-anyangan. ISK dapat membahayakan kehamilan, seperti kelahiran prematur, bayi lahir dengan BB rendah, gagal ginjal bahkan kematian janin. Dengan banyak minum air, pengendapan bakteri E. coli di kandung kemih dapat berkurang bersamaan dengan keluarnya urin. Ibu hamil sering mengalami ISK berulang entah karena tekanan janin atau bakteri E. coli. Untuk memastikan kesehatan kandung kemih bisa melalui tes urin dan darah, pemeriksaan dengan menggunakan CT scan, sistoskopi, serta USG. Tak ada salahnya melakukan tes urin secara berkala baik masih lajang maupun sudah menikah agar tahu kesehatan kandung kemih.

Mengapa aku memercayakan daerah kewanitaanku kepada Lactacyd

Pertama kali aku pakai Lactacyd Herbal Pesona Area V ™ bulan April 2017. Lactacyd Teen udah dr SMA. Walaupun harganya lebih mahal dibanding pembersih kewanitaan pada umumnya, namun untuk kenyamanan dan kesehatan aku tak mau ambil risiko. Setelah aku melakukan riset lebih dalam, ternyata memang pembersih kewanitaan yang baik itu yang mengandung susu. Ya, Lactacyd itu. Apalagi kini sudah ada Lactacyd Herbal yang mengandung ekstrak daun sirih agar organ kewanitaan yang bersih dan kesat. Kini saatnya kuucapkan #HaloLactacydHerbal

Sejak aku tahu seberapa penting menggunakan sabun pembersih daerah kewanitaan, aku jadi selektif memilih produk pembersih daerah kewanitaan. Selain karena daerah kewanitaan itu sensitif dan butuh perhatian ekstra, ternyata penyakit yang bersarang di organ kewanitaan bisa menyebar ke organ lain seperti rahim, ginjal, dan kandung kemih.

Diproduksi oleh perusahaan yang sudah berpengalaman lebih dari 30 tahun, Sanofi Group Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 1969 terdiri atas 2 (dua) badan hukum yaitu: PT. Aventis Pharma dan PT Sanofi-Aventis Indonesia. Untuk Lactacyd Herbal diproduksi oleh Sanofi Vietnam yang didistribusikan oleh PT Aventis Pharma. Untuk mencapai kinerja terbaik dalam memenuhi kebutuhan perempuan, Sanofi Group Indonesia telah memenuhi standar global Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik (CPKB). Semua ini tak lepas dari nilai-nilai perusahaan yaitu innovation, confidence, respect, solidarity, dan integrity. Wajar jika Lactacyd direkomendasikan oleh dokter Sp.Og, bidan, tenaga kesehatan, dan telah menjadi pembersih kewanitaan pilihan para wanita di seluruh dunia. Lactacyd lebih dari sekadar pembersih kewanitaan biasa. Oleh karenanya, Lactacyd mempunyai banyak pilihan varian berdasarkan manfaat. Beberapa produk Sanofi diantaranya: Lactacyd Feminine Hygiene, Lactacyd White Intimate, Lactacyd Teens, Lactacyd All Day Fresh, Lactacyd Feminine Wipes, dan Lactacyd Herbal. Mana varian Lactacyd yang cocok untukmu?

Sudah turun temurun daun sirih dipercaya untuk membersihkan dan merawat area V wanita Indonesia. Maka dari itu, Lactacyd membuat varian baru untuk memenuhi kebutuhan seluruh wanita Indonesia: Lactacyd Herbal. Lactacyd Herbal mengandung perpaduan susu yang melembutkan, mawar yang mengharumkan, dan daun sirih yang membuat kesat untuk merawat organ kewanitaan perempuan Indonesia. Konsumen cerdas harus tahu kandungan apa saja dalam produk pilihannya. Seperti apa komposisi Lactacyd Herbal?

Ekstrak Mawar

http://www.proflowers.com/blog/history-and-meaning-of-pink-roses

Umumya, pewangi yang ada di pembersih kewanitaan dianggap sebagai penyebab keringnya vagina. Oleh karena itu, penggunaan pembersih kewanitaan tidak boleh digunakan setiap hari. Ini tidak berlaku untuk Lactacyd Herbal. Lactacyd Herbal mengandung ekstrak mawar, jadi kandungan alaminya tak akan membuat vagina kering. Justru mengharumkan dan merawat daerah kewanitaan.

Ekstrak Daun Sirih

http://kegunaansehat.blogspot.co.id/2015/11/manfaat-daun-sirih-hijau.html

Lactacyd Herbal diformulasikan untuk menjawab kebutuhan perempuan Indonesia. Secara turun temurun daun sirih dikenal sebagai antiseptik untuk membersihkan daerah kewanitaan agar bersih dan kesat. Karena sifatnya antiseptik, daun sirih bisa mematikan bakteri baik yang memang harus ada di daerah V. Makanya, kebanyakan sabun pembersih kewanitaan tidak baik digunakan setiap hari. Kecuali, jika kita menggunakan Lactacyd Herbal. Lactacyd Herbal telah teruji secara klinis dan melalui uji dermatologi aman digunakan setiap hari.

Ekstrak Susu

http://www.fitday.com/fitness-articles/nutrition/healthy-eating/6-health-benefits-of-milk.html

Seperti namanya, Lactacyd berasal dari kata lacto yang artinya susu, dan acid yang berarti asam. Lactacyd Herbal mengandung lactoserum dan bakteri Lactobacillus yang menghasilkan asam laktat. Ekosistem kewanitaan dipengaruhi oleh estrogen dan bakteri Lactobacillus. Hormon estrogen berperan menentukan kadar zat gula sebagai simpanan energi dalam sel tubuh (glikogen). Glikogen merupakan nutrisi dari Lactobacillus, yang akan dimetabolisme untuk pertumbuhannya. Sisa metabolisme inilah yang menghasilkan asam laktat dan menentukan suasana asam di daerah kewanitaan dengan potential Hydrogen (pH) 3,5-4. Terdapat berbagai macam bakteri di daerah kewanitaan, 95% Lactobacillus dan 5% patogen. Jika keseimbangan terganggu, presentase Lactobacillus akan menurun. Di sinilah peran Lactacyd dalam menjaga keseimbangan daerah kewanitaan dengan cara yang paling alami.

Busa

Produk pembersih daerah kewanitaan yang baik memang harusnya tidak banyak mengandung deterjen. Terlalu banyak deterjen menghasilkan busa melimpah dan membuat area V terlalu kering dan mengganggu keseimbangan pH organ intim. Kondisi area V yang terlalu kering memudahkan terjadinya iritasi sehingga menyebabkan masalah seperti gatal, perih, berbau tak sedap, atau masalah keputihan akibat infeksi.

Warna dan Tekstur

Lactacyd Herbal bertekstur lembut dan tidak menggunakan pewarna buatan yang bisa membuat vagina iritasi. Pastinya sudah tau kan apa yang akan terjadi jika vagina iritasi?

Testimoni

Apa yang membuat saya yakin pada Lactacyd Herbal adalah testimoni. Semakin banyak yang memberikan testimoni, semakin yakin bahwa Lactacyd adalah produk terpercaya. Lalu, apa kata mereka tentang Lactacyd Herbal?

Di samping itu, ada pertimbangan yang tak kalah penting, yaitu kepercayaan. Kepercayaan konsumen memang sangat penting. Kepercayaan inilah yang membuat perusahaan pembersih kewanitaan bisa menjadi reputable company dan dikenal hingga menjadi brand internasional. Pengalamannya hingga 30 tahun lebih tentu membuat perusahaan tersebut sangat mengerti kebutuhan wanita Indonesia. Buat organ kewanitaanku, aku tak mau main-main. Aku pilih yang sudah terbukti dan teruji klinis. Kalau dunia sudah mengakui, kenapa mesti ragu?

Pesan dariku agar bisa #JadiYangKuMau

Peran perempuan sangat dibutuhkan, termasuk peran saya sebagai perempuan, blogger, baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Percayalah pada kemampuan yang kamu miliki. Apa yang kamu lakukan bisa menjadi sesuatu yang luar biasa juga untuk sekitarmu. Manusia yang baik adalah manusia yang berguna bagi sesamanya, terlepas apapun perannya. Dengan menggunakan Lactacyd Herbal, aku bisa #JadiYangKuMau apapun peranku. Pastinya, Lactacyd Herbal Pesona Area V membantuku tampil memesona dalam dan luar.

 

Referensi:

Farhana, Karla. 10 Nopember 2015. 5 Makanan Alami yang Bakal Bikin Vaginamu Sehat dan Wangi. http://www.bintang.com/sex-health/read/2361803/5-makanan-alami-yang-bakal-bikin-vaginamu-sehat-dan-wangi Akses 25 Mei 2017.

Nurkhasanah, Ana. 13 Okt 2015. Kanker Serviks Pembunuh Wanita No 1 Di Dunia.

http://www.askepkeperawatan.com/2015/10/kanker-serviks-pembunuh-wanita-no-1-di-dunia.html Akses 25 Mei 2017.

Quaila, Ajeng. Tt. Seperti Apa Bentuk Vagina yang Normal dan Sehat? https://hellosehat.com/ciri-vagina-normal-dan-sehat/ Akses 25 Mei 2017.

Revitasari. Tt. Ketahui 5 Fakta Tentang PH Vagina Agar Cepat Hamil. http://akuinginhamil.com/ketahui-5-fakta-ph-vagina-agar-cepat-hamil/ Akses 25 Mei 2017.

Sekarsari, Bebby. 23 Desember 2016. Mengapa pH Vagina Harus Normal? http://www.1health.id/id/article/category/sehat-a-z/mengapa-ph-vagina-harus-normal.html Akses 25 Mei 2017.

Susana. 17 Oktober 2008. Ekstrak Susu Sehatkan Vagina. http://dechacare.com/Ekstrak-Susu-Sehatkan-Vagina-I377-1.html Akses 25 Mei 2017.

Why Exercise Boosts the Immune System. http://www.fitday.com/fitness-articles/fitness/exercises/why-exercise-boosts-the-immune-system.html Akses 25 Mei 2017.