Saya pertama kali mengikuti lomba penerjemahan tingkat mahasiswa yang diadakan oleh UKM Bahasa IIB Darmajaya. Lomba ini diadakan di kampus IIB Darmajaya dalam rangka Darmajaya English Competition VII pada 15-16 Februari 2020. Sebelumnya ada dua lomba yang ingin saya ikuti, yaitu Scrabble dan Translating. Namun, lomba scrabble hanya bisa diikuti oleh mahasiswa maksimal usia 25. Akhirnya, saya memilih lomba translating karena tak ada batasan usia.

Mekanisme lomba cukup sederhana. Ada dua naskah yang harus diterjemahkan, yaitu naskah bahasa Inggris ke bahasa Indonesia dan naskah bahasa Indonesia ke bahasa Inggris. Durasi masing-masing naskah 25 menit dengan jeda 30 menit istirahat. Penerjemahan ditulis tangan makanya harus bisa menulis cepat. Ada 5 kriteria penilaian: accuracy, finding equivalent, register, grammar, dan sift & omission. Masing-masing berbobot maksimal 20 dengan total skor 100.

Lomba berlangsung sehari penuh pada tanggal 15 Februari. Besoknya tanggal 16 Februari pengumuman pemenang. Pemenang dibedakan berdasarkan kategori siswa dan mahasiswa. Alhamdulillah! Saya terpilih sebagai juara 3.

Setahu saya hanya IIB Darmajaya yang mengadakan lomba translating. Buat teman-teman yang berminat mengikuti lomba translating bisa ikut lombanya di awal tahun. Perbanyak hapalan kosa kata dan cara menggunakannya dalam kalimat, perbanyak berlatih menulis tangan, dan pahami tata bahasa Inggris (grammar) dengan baik.

Selamat berjuang dan semoga berhasil 🙂

Skor 91 untuk penerjemahan Inggris ke Indonesia dan 93 untuk penerjemahan Indonesia ke Inggris. Namun dikurangi 20 karena ada satu paragraf yang tak sempat diterjemahkan.