Dapat Medali Perak di College Science Competition 2021, Kok Turun?

Halo! πŸ™‹πŸΎβ€β™€οΈ

Pada awal April 2021, POSI kembali mengadakan lomba tingkat mahasiswa dan guru, yaitu College Science Competition (CSC) 2021. Mirip seperti OSM dan KSI, mahasiswa dan guru harus mengerjakan soal pilihan ganda sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Yang membedakan CSC 2021 dengan kompetisi sebelumnya adalah CSC 2021 terdiri dari 10 cabang lomba. Pada CSC 2021, cabang lomba Geografi-Kebumian dan Fisika-Astronomi dipisah. Jadi, ada tambahan dua cabang lomba di CSC 2021.

Selain itu, peserta CSC 2021 bisa memilih mendaftar gratis, mendaftar VIP, atau VVIP. Untuk peserta yang mendaftar VIP bisa mengikuti dua kompetisi. Adapun peserta VVIP bisa mengikuti tiga kompetisi. Tentu ada biaya untuk mendaftar lebih dari satu kompetisi.

College Science Competition 2021, Apa yang Beda?

Ini kali pertama aku mengikuti kompetisi yang diadakan oleh POSI melalui pendaftaran member area. Soal dan pemesanan medali pun dilakukan di situs itu. Sayangnya, ketika saya mendaftar kompetisi, tak ada pilihan Universitas Terbuka di kolom instansi. Jadi, saya pilih “lainnya.”

Ketika aku mengikuti CSC Bahasa Inggris, skorku turun dan aku dapat medali perak.πŸ₯ˆ Soal Bahasa Inggris CSC lebih sulit daripada soal OSM dan KSI. Di samping itu, aku juga tidak ada persiapan sebelumnya dan sibuk dengan tugas magang.

Seperti kompetisi sebelumnya, soal bahasa Inggris terdiri dari 75 soal yang dikerjakan selama 2 jam dalam bentuk pilihan ganda. Jawaban benar mendapat skor 4. Jawaban salah mendapat skor -1. Skor maksimum 300.

Pada CSC 2021, tak ada penghargaan untuk nilai 0 atau minus. Jumlah juara merupakan 35% dari jumlah peserta dengan rincian:

πŸ₯‡5%,Β πŸ₯ˆ10%, danΒ πŸ₯‰20%.

Meski peserta tak sebanyak OSM dan KSI, peserta CSC cukup kompetitif, loh. Aku berada di urutan 19 dari 218 peserta dengan skor 215.

Skor terendah untuk mendapatkan medali emas adalah 235 yang diraih oleh peserta yang sebelumnya tiga besar di OSM dan KSI. Skor tertinggi 285 dan tak ada yang mendapat skor 300 seperti kompetisi lalu.

Tingkat Kesulitan dan Tipe Soal CSC 2021

Soal yang diujikan berupa structure, grammar, dan reading. Soal POSI biasa ditemukan di buku latihan TOEFL iBT dan GRE. Banyak sumber di Internet yang bisa kita gunakan untuk latihan soal, salah satunya di Grammar Bank.

Semakin ke sini, soal-soal POSI semakin menantang. Dalam waktu dekat, POSI mau mengadakan Genius Science Competition dengan penentuan nilai dan juara yang lebih ketat daripada kompetisi sebelumnya.

Kompetisi hanyalah alat ukur kemampuan diri. Jangan takut kalah dan minder dengan peserta langganan juara. Pastikan tubuhmu sehat dan fit agar bisa konsentrasi dalam mengerjakan soal.

Masih tertarik mengikuti kompetisi POSI? Persiapkan dirimu di kompetisi selanjutnya.

Salam Juara! πŸ†

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post