Olimpiade AKM Matematika, Susah Gak Sih?

Halo Sahabat ๐Ÿ™‹๐Ÿพโ€โ™€๏ธ

Masih ingat dengan kebijakan Menteri Pendidikan Nadiem Makarim yang ingin menghapus UN dan menggantinya dengan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)?

Setelah sebelumnya mengadakan Olimpiade AKM Literasi, kali ini Nice by Indonesia kembali mengadakan Olimpiade AKM Matematika. Tujuan penyelenggaraan Olimpiade AKM Matematika adalah menguji kemampuan dasar matematika/numerasi anak bangsa dan memfasilitasi generasi untuk berprestasi dalam olimpiade tingkat nasional.

Ada empat kategori, yaitu SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan Mahasiswa. Tiap kategori dipilih 1-10 juara untuk mendapat predikat peraih medali emas, perak, dan perunggu. Sisanya, masuk kategori honorable mention untuk Top 100 dan finalis. Peserta yang lolos ke babak final, sudah pasti menjadi finalis dengan nilai minimum 100.

Jika ada peserta dengan nilai yang sama, pemeringkatan diambil dari peserta yang paling cepat mengumpulkan jawaban. Jika ada peserta yang memiliki nilai dan waktu pengumpulan yang sama, maka pemenang dipilih berdasarkan nilai tertinggi di soal uraian.

Soal yang diujikan bisa dilihat di soal AKM Kemendikbud. Untuk kategori mahasiswa, bisa mempelajari materi SMA namun dengan tingkat kesulitan lebih tinggi. Sesuai dengan namanya, AKM Matematika menekankan pada analisis dan penalaran (logika).

Babak Penyisihan Olimpiade AKM Matematika

Babak penyisihan berlangsung pada 3 Mei 2021 pukul 15.30-17.00 WIB. Peserta yang lolos ke babak final adalah peserta dengan nilai >100. Ketika lolos di babak penyisihan, nilaiku 140 dengan urutan ke-59 dari 263 peserta.

Seperti apa rincian soal di babak penyisihan?

Jumlah soal sebanyak 30 butir dengan rincian 15 soal pilihan ganda, 7 soal pilihan ganda kompleks, dan 8 soal menjodohkan.

Soal pilihan ganda kompleks dan menjodohkan memiliki lebih dari satu jawaban benar. Jawaban salah dan tidak menjawab mendapat skor 0.

Ketentuan penilaian jawaban benar untuk masing-masing jenis soal:

  • pilihan ganda +5
  • pilihan ganda kompleks +2,5
  • menjodohkan +2,5

Babak Final Olimpiade AKM Matematika

Babak final dilaksanakan pada 10 Mei pukul 10.00 – 11.30 WIB. Pada babak final, durasi pengerjaan soal diperpendek dan tingkat kesulitan soal diperpanjang hingga 10%.

Seperti apa rincian soal di babak final?

Jumlah soal sebanyak 36 butir dengan rincian 15 soal pilihan ganda, 7 soal pilihan ganda kompleks, 8 soal menjodohkan, 5 soal isian, dan 1 soal uraian.

Soal pilihan ganda kompleks dan menjodohkan memiliki lebih dari satu jawaban benar. Nilai maksimum untuk jawaban benar adalah 10 dan nilai maksimum untuk penjelasan adalah 10. Jawaban salah dan tidak menjawab mendapat skor 0.

Ketentuan penilaian jawaban benar untuk masing-masing jenis soal:

  • pilihan ganda +3
  • pilihan ganda kompleks +5
  • menjodohkan +5
  • uraian +6

Di babak final, nilaiku terjun bebas dari 140 ke 90. Aku berada di urutan ke 71 dari 195 peserta. Ada peraturan yang berbeda di babak final. Peserta yang telat mengumpulkan jawaban mendapat pengurangan nilai 1 poin per menit.

Aku baru mengerjakan soal setelah mendapat pemberitahuan WA dari admin bahwa olimpiade sudah hampir selesai. Aku lupa ada lomba pagi itu karena semalam begadang. Itu pun aku gak langsung mengerjakan karena sarapan dulu. My bad! ๐Ÿ˜ฉ๐Ÿคฆ๐Ÿปโ€โ™€๏ธ

Durasi pengerjaan soal 90 menit dan ngumpulin jawabannya telat 30 menit lebih. Jadi, aku baru mengumpulkan pukul 14.00 WIB. Telat banget ya ๐Ÿ˜„

Dua soal terakhir yang bobot nilainya besar tidak sempat aku kerjakan. Selain waktunya mepet, aku gak bisa. ๐Ÿ˜– Aku pasrah saja sama hasilnya. Yang penting mengerjakan karena sudah telanjur daftar. Minimal tahu hasilnya sudah bikin lega. ๐Ÿ˜ฏ

Syukur masih bisa dapat penghargaan karena memang itulah tujuanku ikut lomba. Kumpulin penghargaan sebanyak-banyaknya. Sebisaku. Untuk menambah prestasi di CV aku dan membuktikan ke diriku sendiri bahwa aku bisa. Segini ya kemampuanku dibandingkan orang lain tanpa belajar.

Alhamdulillah! ๐Ÿฅณ Aku masih bisa mendapat penghargaan Honorable Mention terlepas di urutan ke berapa. Setidaknya aku produktif dengan mencetak banyak prestasi di masa muda. ๐Ÿ˜Ž

Kalian juga ya. Buatlah diri sendiri bangga dan tuntaskan ego masa muda.

Salam Juara ๐Ÿ†

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post