Pengalaman Ikut KSI Mahasiswa Bahasa Inggris POSI 2021

Hai semuanya!🙋

Saya akan berbagi pengalaman mendapatkan medali emas di Kompetisi Sains Indonesia (KSI) 2021.

Ini adalah kali kedua saya mengikuti lomba yang diadakan POSI. Sebelumnya, saya mengikuti OSM 2020 yang juga mendapatkan medali emas.🏅

Ada delapan bidang olimpiade diantaranya Fisika – Astronomi, Matematika, Biologi, Kimia, Geografi – Kebumian, Komputer, Ekonomi, dan Bahasa Inggris.

Seperti apa tata pelaksanaan KSI 2021?

Peserta mendaftar KSI 2021 melalui Google form. Menjelang hari H lomba, panitia menghubungi peserta lewat WA untuk memberikan username dan password CBT. Beberapa menit menjelang kompetisi, panitia memberikan token untuk masuk CBT.

Adapun peserta KSI bahasa Inggris sebanyak 1.647 orang. Namun, dari jumlah sebanyak ini banyak yang hanya mendaftar dan tidak mengikuti kompetisi.

Jumlah juara merupakan 35% dari jumlah peserta dengan rincian:

🥇5%, 🥈10%, dan 🥉20%.

Peserta diberi waktu 2 jam untuk mengerjakan 75 soal dalam bentuk pilihan ganda. Jawaban benar mendapat skor 4. Jawaban salah mendapat skor -1. Tak menjawab mendapat skor 0. Skor maksimal 300 dan skor minimal bisa minus.

Apakah dapat medali emas itu sulit?

Tergantung daya saing (competitiveness) peserta. Jika peserta berat, sulit untuk bisa dapat medali apalagi juara. Jika peserta banyak dan kompetitif, skor tinggi pun tak menjamin berada di urutan atas.

Andai saya mendapat skor 225 seperti di OSM 2020, saya akan mendapat medali silver. Alhamdulillah skor saya di KSI 2021 sebesar 255. Ada peningkatan 30 poin.

Saran saya, jangan melihat skor peserta lain. Fokus dengan peningkatan kemampuan diri.

KSI bidang Fisika, misalnya, ada peserta yang bisa meraih medali perunggu dengan skor 4. Ini semua tergantung daya saing peserta.

Di bidang Fisika, soal sebanyak 30 dengan skor maksimum 120. Skor tertinggi peserta 56 dan skor terendah 4. Di bawah skor 4, peserta tak bisa mendapat medali.

Untuk mendapat medali di bidang Fisika, tak butuh skor tinggi. Skor 4 saja sudah bisa mendapat medali perunggu. Persaingan tidak kompetitif.

Jika ada nilai yang sama, penentuan peringkat KSI 2021 ditentukan dari usia termuda. Di OSM 2020, tak ada keterangan demikian di pengumuman pemenang.

Soal KSI 2021 mirip dengan soal TOEFL iBT dan GRE. Jadi, perbanyak latihan soal TOEFL iBT dan GRE. Bisa dibilang, soal KSI 2021 lebih sulit dibandingkan soal OSM 2020. Ini pendapat subjektif saya. Secara garis besar, aturan KSI 2021 sama dengan aturan OSM 2020

Bagaimana kawan? Tertarik ikut KSI 2022? Persiapkan dirimu.

Salam Juara! 🏆

1 thought on “Pengalaman Ikut KSI Mahasiswa Bahasa Inggris POSI 2021”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post