Pengalaman Ikut OSM Bahasa Inggris POSI 2020

Hai semua!

Kali ini aku mau berbagi pengalaman mengikuti Olimpiade Sains Mahasiswa (OSM) 2020. Inilah kali pertama aku mengikuti olimpiade bahasa Inggris dan meraih medali emas 🏅🥰. Terlebih olimpiade aku ikuti tanpa persiapan sebelumnya. Senang, bahagia, sekaligus tak menyangka.

OSM 2020 berlangsung pada 20 Desember 2020 dan pemenang diumumkan pada Hari Ibu, 22 Desember 2020. Spesial banget, kan? Kemenangan bisa jadi kado spesial buat ibu tercinta.

OSM diadakan oleh Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia (POSI) yang berbasis di Medan. Olimpiade ini ditujukan khusus untuk mahasiswa S1 dan S2 tingkat nasional.

Ada delapan bidang olimpiade diantaranya Fisika – Astronomi, Matematika, Biologi, Kimia, Geografi – Kebumian, Komputer, Ekonomi, dan Bahasa Inggris.

Seperti apa tata pelaksanaan OSM 2020?

Peserta mendaftar olimpiade melalui komputer dan memasukkan username dan password. Menjelang hari H lomba, panitia akan menghubungi peserta lewat WA untuk konfirmasi dan informasi data diri. Pada hari H, panitia memberikan token untuk masuk CBT.

Ada 75 soal bahasa Inggris dengan durasi pengerjaan 2 jam. Adapun penilaian olimpiade, skor maksimal 300 dan skor minimal bisa minus. Jawaban benar mendapat skor 4. Jawaban salah mendapat skor -1. Tak menjawab mendapat skor 0.

Persaingan cukup kompetitif dengan ribuan peserta. Bahkan, peserta OSM Biologi sebanyak >2.000 peserta.

Adapun peserta OSM bahasa Inggris sebanyak 1.532 orang. Jumlah juara merupakan 30% dari jumlah peserta dengan rincian:

🥇5%, 🥈10%, dan 🥉15%.

Kerjakan soal yang paling mudah karena waktu terbatas. Jika tak yakin dengan jawaban, peserta bisa melompati soal dan/atau menandai ragu-ragu pada soal.

Secara keseluruhan, soal olimpiade bahasa Inggris POSI menekankan pada tata bahasa (grammar). Format soal mirip structure di TOEFL ITP. Jadi, perbanyak latihan soal TOEFL sebelum mengikuti olimpiade.

Tertarik mengikuti OSM POSI 2021? Persiapkan dirimu dan semoga berhasil.

Salam Juara!

2 thoughts on “Pengalaman Ikut OSM Bahasa Inggris POSI 2020”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post