Skor 270 di Kompetisi Hardiknas Bahasa Inggris, Cuma Dapat Medali Perak?

Halo teman-teman semua πŸ™‹πŸΎβ€β™€οΈπŸ˜ƒ

Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada 2 Mei, POSI mengadakan Kompetisi HARDIKNAS 2021.

POSI memang sering mengadakan lomba. Bahkan, dalam sebulan POSI bisa mengadakan 5 lomba sekaligus. Mantap πŸ€ŸπŸ»πŸ‘πŸ½

Kompetisi Hardiknas 2021 Paling Kompetitif?

Di Kompetisi Hardiknas 2021, aku mengikuti bidang bahasa Inggris dan mendapatkan skor 270. Skor 270 adalah skor tertinggi yang pernah aku capai. Sayangnya, skor segitu belum layak buat dapetin medali emas.

Kompetisi Hardiknas 2021 paling kompetitif daripada kompetisi yang lain. Skor tertinggi salahnya cuma 2, yaitu 290. Sedangkan skor terendah peraih medali emas adalah 280.

Untuk peraih medali perak, skor tertinggi adalah 276 dan skor terendah adalah 255. Adapun peraih medali perunggu, skor tertinggi itu 254 dan skor terendah 145. Sisanya, hanya bisa jadi peserta πŸ™‡πŸ»β€β™€οΈπŸ™‡πŸΌ

Meski peserta jauh lebih sedikit dibandingkan kompetisi sebelumnya, skor peserta tidak terlampau jauh. Bahkan, untuk mendapat medali emas harus mempunyai minimal skor 280. Artinya, dari 75 soal hanya boleh salah 4.

Aku sendiri berada di urutan ke-43 dari 401 peserta dengan skor 270. Artinya, aku menjawab benar 69 soal dan menjawab salah 6 soal. Kalau mau dikonversi ke nilai sekolah, nilaiku masih 92!!Β 

Aturan main Kompetisi Hardiknas 2021 masih sama dengan kompetisi sebelumnya. Jumlah soal bahasa Inggris sebanyak 75 soal pilihan ganda dengan durasi pengerjaan 2 jam. Jawaban benar mendapat skor 4. Jawaban salah mendapat skor -1. Skor maksimum 300.

Peraih medali emas sebanyak 26 orang, peraih medali perak sebanyak 41 orang, dan peraih medali perunggu sebanyak 81 orang. Jumlah juara merupakan 35% dari jumlah peserta dengan rincian:

πŸ₯‡5%,Β πŸ₯ˆ10%, danΒ πŸ₯‰20%.

Tipe Soal Kompetisi Hardiknas 2021

Untuk memenangkan Kompetisi Hardiknas 2021, kalian harus tahu tipe soal yang diujikan. Ada tiga tipe soal, yaitu structure, incomplete sentence, dan reading.

Soal 1-25 berupa soal structure di TOEFL ITP. Soal ini menguji kemampuan tata bahasa (grammar) peserta. Jadi, perbanyak latihan drilling soal structure.

Soal 26-50 berupa kalimat kosong dan kita harus memilih A, B, C, D, atau E untuk melengkapi kalimat tersebut. Tipe soal ini mirip soal structure bagian 2. Selain grammar, kita harus paham organisasi kalimat.

Soal 51-75 berupa reading seperti di TOEFL ITP. Di sini kemampuan membaca, menyimpulkan, dan kosakata diuji. Perbanyak latihan reading dan trik baca cepat. Di YouTube banyak konten yang membahas strategi reading, salah satunya TST Prep.

Pengalaman mengerjakan soal Kompetisi Hardiknas 2021 cukup meresahkan. Pasalnya, CBT loading. Aku tidak bisa mengirimkan jawaban dan harus menunggu sampai waktu habis.

Jika CBT lambat, jangan langsung ditutup. Biarin aja sampai tutup sendiri karena nilai kita sedang direkap.

Yuk, isi waktu luang dengan ikut lomba. Biar masih dilanda pandemi Covid-19, kita tetap harus produktif dan berprestasi.

Salam Juara πŸ†

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post